Ranger lead the way

AKP ( purn) MAMI ATMAMIRJA / 88 tahun telah tutup usia di RSUD kota Bogor, kemarin tanggal 28-03-2024, pukul 08.30 wib

Beliau Merupakan salah satu dari 15 Anggota Menpor yang pernah di kirim ke Amerika untuk berlatih tahun 1962.

Semoga diampuni segala dosa semasa hidupnya.

Tahun 1962 adalah tahun yang fenomenal dimana kekuatan angkatan perang khususnya angkatan darat dibuat head to head dengan Polri ( mobrig) sebagai politik bargaining power presiden Soekarno, termasuk bagaiman KKO juga memberikan efek penawar terhadap geliat perebutan pucuk pimpinan angkatan darat antar kubu di internalnya.

kondisi angkatan perang kala itu masih dalam tahap menemukan bentuk idealnya, masing-masing angkatan dipimpin oleh seorang Menteri sekaligus bertindak sebagai Panglima angkatan sebagaimana angkatan Darat, Laut dan Udara bahkan Kepolisian juga memiliki Menpangak saat itu.

berawal dari program ReRa .. yang digagas untuk merasionalisassi kepangkatan dan struktur masing-masing angkatan ditambah adanya petulangan politik beberpa prajurit yang melahirkan gerakan-gerakan makar seperti PRRI, Permesta dan RMS serta DI/TII sebelumnya.

beliau almarhum beserta beberapa senior Mobrig serta unsur angkatan perang lainnya yang kelak menjadi modal sumber daya dalam Kampanye Trikora serta Dwikora, dua moment penting dalam sejarah kemiliteran dan diplomasi Indonesia yang sukses memadukan kekuatan politik non blok dengan kekuatan militer besar pada jamannya.

selamat jalan senior, jasamu abadi

ijazah Pelopor dan lanjutan Bala ( Rimba Laut ) yang dimiliki oleh anggota Menpor lainnya atas nama SUDJONO, program-program latihan extraordinary bahkan sampai saat ini, yang menyiratkan bahwa setiap anggota satuan-satuan khusus sebagaimana RPKAD, KIPAM, PGT dan Menpor Mobrig setidaknya wajib melewati program Tri Media , manuver darat dengan drill pertempuran hutan, pemukiman dan sabotase, dilanjutkan manuver air dan terakhir Airborne pada siang hari, malam hari dan LZ di pantai.

Tinggalkan komentar

Situs Web WordPress.com.

Atas ↑